Book for Mountain Project Pringombo


Adalah Mas Husen, seorang pemuda dari Desa Ngadirejo Kabupaten Batang. Di saat pemuda yang lain ramai-ramai meninggalkan desa terpukau dengan gemerlap profesi di perkotaan, Mas Husen kemudian dibebani pertanyaan “Jika semua pemuda meninggalkan desa, siapa yang akan memajukan desa?”

Mas Husen kemudian memilih serius menggali potensi desa, dimotivasi oleh keinginannya untuk meningkatkan kesejahteraan desa Ngadirejo. Demi mencapai itu, beliau pun menekuni dunia yang dari dulu beliau sudah kenal, yaitu teh. Beliau kemudian berkolaborasi dengan petani untuk menciptakan produk teh hijau dan teh hitam dengan kualitas dan pemasaran yang lebih baik.
Harapan Mas Husen agar visi misi ini bisa diteruskan dan dikembangkan oleh generasi yang lebih muda kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah mereka mau atau tidak?

Apa yang Book For Mountain bisa lakukan untuk membantu?

Pun ketika beberapa dari kami mengunjungi Desa Ngadirejo bulan lalu, pertanyaan tersebut terus terngiang. Mungkinkah menanamkan keinginan anak untuk terus belajar dan mengembangkan desa akan cukup? Perlukah kita mengubah paradigma dan mengangkat kemuliaan bertani? Cukupkah mengubah paradigma tersebut hanya di kalangan anak kecil?

Mungkinkah sebuah perpustakaan anak yang terintegrasi dengan perpustakaan umum yang berisi buku-buku pertanian akan membantu visi misi besar ini? Kami sangat sadar langkah ini hanyalah sebuah lari-lari kecil, tapi bukankah lompatan besar selalu dimulai dari beberapa lari kecil?

Bagaimana dengan teman-teman? Siapkah untuk membantu sebuah lompatan besar?
Ikut kami dalam project perpustakaan: Book For Mountain #Batang, 26 Agustus - 3 September 2016.
Book for Mountain Project Perpustakaan Pringombo Ngadirejo Reban Batang Jawa Tengah