Ciwaru, Jawa Barat

Di project kali ini, BFM singgah di Provinsi Jawa Barat, setelah beberapa kali kami hanya melewatinya untuk menuju ke lokasi-lokasi sasaran kami sebelumnya. Kali ini kami dipertemukan dengan Ciwaru, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Ciemas, salah satu dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Foto bersama anak-anak ciwaru

Perjalanan 
Dibutuhkan waktu sekitar 20 jam untuk menuju Desa Ciwaru dari Yogyakarta dengan menggunakan kereta api Yogyakarta – Bandung, kemudian dilanjutkan menggunakan bis Bandung – Sukabumi, dan dari Kota Sukabumi ke Desa Ciwaru ditempuh menggunakan angkutan desa melalui jalan yang rusak, sempit, dan bergelombang selama 6 jam.

Desa Ciwaru
Desa Ciwaru terletak jauh di selatan Kabupaten Sukabumi dan akses menuju ke daerah tersebut pun cukup sulit. Namun, daerah tersebut merupakan salah satu penyokong perekonomian terbesar Kabupaten Sukabumi melalui bidang pertanian, perkebunan kelapa, dan perikanan.

SDN Ciporeang
Project di Desa Ciwaru dilaksanakan selama seminggu dari tanggal 25-31 Mei 2014 dan berlokasi di SDN Ciporeang. Sekolah ini terletak di lereng sebuah bukit. Jalan menuju sekolah ini hanya menggunakan bongkahan batuan sungai yang telah dipecah menjadi lebih kecil dan kemudian disusun seadanya. Kondisi jalan batu ini menjadi sangat licin dan berlumpur saat hujan. Sekolah dimana project berlangsung, yaitu SDN Ciporeang memiliki 4 bangunan yang tidak luas, bahkan salah satu bangunannya tersebut sudah rusak. Dua bangunan lain merupakan bangunan baru dan satu lagi merupakan bangunan lama yang kondisinya masih baik.

kakak-kakak volunteers bfm

anak-anak calon pemimpin Indonesia

Semangat Anak-Anak 
Keterbatasan ruangan menyebabkan pembangunan ruang baca disatukan dengan salah satu ruang kelas. Sulitnya akses untuk menuju sekolah dan terbatasnya fasilitas belajar tidak membuat para siswa patah semangat. Siswa-siswa SDN Ciporeang memiliki semangat belajar yang tinggi dan antusias terhadap ilmu-ilmu yang baru mereka pelajari. Hal ini terbukti dalam kondisi cuaca apapun mereka tetap berusaha berangkat sekolah. Saat project berlangsung, mereka pun gembira dan antusias dengan berbagai materi yang disampaikan.

antusias membaca buku

suasana kelas edukasi di sore hari