Lebak, Banten

Lokasi project kali ini letaknya tidak seberapa jauh dari ibu kota negara Indonesia. Berada di selatan Jakarta, lokas ini jika dilihat pada peta hanya sekitar sejengkalan tangan. Namun, perjalanan menujunya bukanlah perjalanan yang sekejap.
anak-anak Lebak mewarnai dambar pakaian adat nusantara

Perjalanan Panjang
Sebelas jam dalam kereta ekonomi Jogja-Jakarta, disambung dua jam kereta Jakarta-Rangkasbitung, berdesakan dalam angkot menuju terminal, dan diakhiri dengan lima jam perjalanan dalam Elf sewaan yang didapat melalui tawar-menawar yang menegangkan dengan belasan calo terminal dilakoni oleh awak BFM. Perjalanan panjang yang dihiasi bekas longsor di tepian jalan, perjalanan menuju Desa Mekarsari dan Desa Girimukti di pelosok Lebak, Banten menjadi semakin tak terlupakan. Kedua desa yang kami tuju untuk proyek BFM ini bersembunyi di balik bukit, dingin, dan rawan longsor.
kondisi desa dan masyarakat Lebak Banten

kondisi warga lokasi project Lebak Banten

SDN Mekarsari dan SDN 1 Girimukti
Project BFM kali ini untuk membangun perpustakaan di dua sekolah dasar di kedua desa tersebut. SDN Mekarsari dan SDN 1 Girimukti, sekolah dasar ini masing masing diisi 150 peserta didik dengan 5 orang tenaga pengajar tetap di SDN Mekarsari dan 1 pengajar tetap dan 2 tenaga bantuan di SDN 1 Girimukti. Dilihat dari segi bangunan kedua SD ini tidak begitu bermasalah, begitu juga fasilitas alat bantu ajar yang berupa alat peraga bisa dibilang cukup lengkap, mungkin pemerintah benar benar memperhatikan masalah fasilitas fisik di kedua sekolah tersebut. Namun, sayangnya hal tersebut tidak disertai oleh pemahaman tenaga ajar terhadap alat peraga. Jumlah tenaga pengajar juga tidak sesuai dengan jumlah perserta didik yang ada.
SDN Mekarsari Lebak Banten

SD N 1 Girimukti

Anak-Anak Penuh Semangat
Meskipun demikian, anak-anak yang belajar di sekolah ini tidak pernah kehilangan semangatnya untuk belajar, tidak hanya di bidang akademik, tapi juga di bidang sastra dan tari. Perjalanan ini dimulai dengan niat berbagi, tetapi rasanya justru kami yang memperoleh banyak hal baru di sini. Hangatnya penerimaan warga sekitar, terbukanya anak-anak dan kemampuan mereka yang menakjubkan seolah tumbuh alami mengalir begitu saja. Pada akhirnya, kami pulang dengan membawa sebuah cerita baru, cerita yang tidak mungkin terlupa sampai kapan pun.
anak-anak membaca di perpustakaan Book for Mountain Lebak Banten

ekspresi anak-anak Lebak Banten di project perpustakaan Book for Mountain

anak-anak belajar bersama volunteer Book for Mountain

semangat anak-anak untuk pentas di project perpustakaan Book for Mountain