Sekolah Berjalan: Katongan, Nglipar, Gunung Kidul

Minggu, 24 Febuari 2013. Sekolah berjalan  Book For Mountain kembali diadakan. Kali ini bertempat di TPA An Nur desa Katongan, Gunung Kidul.
Anak-anak di TPA ini berjumlah tidak begitu banyak hanya sekitar 15-20 anak. Namun dengan bantuan Ketua TPA An Nur, bapak Sukoso yang telah menyebarkan undangan ke TPA-TPA lain di sekitar desa Kantongan, Nglipar, Gunung Kidul kami akhirnya berhasil mengumpulkan sekitar 80 anak untuk mengikuti kegiatan sekolah berjalan kali ini. Anak-anak yang hadir berasal dari beberapa sekolah di sekitar desa itu, mulai dari usia PAUD, TK, kelas 1-6 SD, dan juga ada sekitar 5-7 anak dari kelas SMP. Kegiatan pagi itu kami mulai pukul 10.00 pagi. Kegiatan di mulai dengan pembukaan, sambutan dari kak Soleh mewakili BFM kemudian dilanjutkan dengan Ice breaking. Pagi itu kami melakukan tarian “papatomepapa“ yang di pimpin oleh kak Mutia. Adik-adik TPA An Nur sangat antusias melalukan setiap gerakan yang kami ajarkan.
Setelah itu kegiatan di lanjutkan dengan pembagian kelompok berdasarkan kelas. Kelompok PAUD,TK dan kelas 1-2 SD di jadikan 1 kelompok. Kelas 3,4,5,6 dan SMP di bagi menjadi 5 kelompok. Selagi kakak-kakak penjaga pos mulai bersiap ke pos masing-masing, kak Mutia dan kak Yudha membantu setiap kelompok untuk membuat yel-yel. Dimana yel-yel ini yang nanti menjadi salam pembuka setiap kelompok sampai di sebuah pos.
Pos hari itu ada 5, yang terdiri dari pos bumi, pos luar angkasa, pos tubuh manusia, pos profesi dan juga pos kreatifitas. Setiap pos di jaga oleh 2 kakak pembimbing. Dan untuk kakak-kakak pemandu, kami dibantu oleh remaja masjid sekitar. Sehingga setiap kelompok mendapatkan 1 kakak pemandu. Isi dari materi setiap pos secara umum sama dengan sekber-sekber sebelumnya, namun dengan banyaknya volunteer baru di setiap sekber yang di adakan, hal itu selalu dapat memberikan kesan dan nuansa yang berbeda dari sekber sebelumnya.
Selain itu, lokasi sekber kali ini sangat asyik, dimana sebagian besar pos-pos berada di halaman warga yang luas dan teduh. Setiap pos dihebohkan dengan kecerian anak-anak dalam mengikuti materi yang diberikan melalu games dan kegiatan yang seru, dan anak-anak pun sangat bersemangat menjelajah rute pos yang kami buat.

Tepuk ceria! *prokprokprok* Hua Hua *prokprokprok* Hua Hua *prokprokprok* huuuuuuuuu aaaaaaa.

Mungkin itu adalah tepuk paling ceria yang kami lakukan siang itu. Selesai berkeliling menjelajah setiap pos yang ada, kami makan siang dan kembali bermain dan bernyanyi bersama. Dan sebelum kami pamit, kami memberi kesempatan kepada adik-adik untuk menyamaikan kesan dan pesan mereka akan kegiatan sekber ini. Dan Alhamdulillah mereka semua senang dan dapat dengan baik menerima setiap materi yang kami bawakan.
Ayoo siapa yang juga Ingin merasakan keasyikan mengajar dan bermain bersama adik-adik. Jangan lewatkan sekber-sekber selanjutnya ya..;) (Mutia)