Testimoni: Anissa Nurdiawati (Voluntourism Bromo)

Berawal dari niat jalan-jalan dan coba-coba jadi volunteer, ternyata acara BFM ini menjadi salah satu pengalaman yang paling berkesan di antara kesibukan kuliah dan organisasi jaman dahulu. Istilahnya unik: voluntourism, menjadi volunteer tetapi juga sebagai turis. Tujuan BFM waktu itu adalah Gunung Bromo.
Kegiatan intinya adalah kegiatan sosial berupa mendonasikan buku untuk adik-adik di daerah pelosok Indonesia, yang saat itu adalah SDN Ngadirejo. Konsep acaranya menarik: homestay bareng warga. Jadi, kita bisa ngerasain tinggal dan berakitivitas bareng warga sana, berinteraksi dengan anak-anak SD, serta belajar dan bermain bersama.
Kegiatan bersama anak-anak dan warga lokal dalam voluntourism Bromo Book for Mountain

Yang istimewanya lagi, kegiatan bertepatan dengan tahun baru 2012, kami juga merayakannya bersama warga desa. Oh, yang uniknya lagi ada juga acara berladang, dimana kami belajar menanam sayuran.
Selain itu, acara BFM ini juga diikuti oleh berbagai mahasiswa dari universitas lain, sehingga bisa menambah kenalan baru dan memperluas koneksi. Pokoknya acara BFM ini lengkap, menarik banget, dan belajar banyak hal yang jarang diperoleh dari kegiatan sehari-hari.