Testimoni: Dewi Rakhmawati (Voluntourism Bromo)

Voluntourism bagi saya merupakan pengalaman sarat makna. Menapaki tempat baru yang sebelumnya belum pernah terpikirkan untuk saya kunjungi ternyata manfaatnya jauh lebih banyak dari perjalanan lain yang telah saya lakukan.
Bermukim bersama penduduk setempat, mengamati keseharian mereka, dan menjadi relawan di bangku sekolah mereka. Belajar, berlari, bermain, bercengkrama bersama mereka, menjadi nilai tambah dari voluntourism ini.
Dan apa yang saya dapatkan dari voluntourism ini lebih banyak dari pada apa yang saya berikan.
Menghayati kearifan lokal masyarakat Tengger di voluntourism Bromo Book for Mountain

Ketika saya bermain maupun hiking bersama murid-murid SD, saya diingatkan kembali oleh tingkah laku anak-anak, kepolosan mereka, kejujuran mereka, dan kehangatan mereka.
Ketika saya mengajarkan beberapa hal di kelas, saya diingatkan pula oleh rasa haus ilmu mereka, rasa ingin tahu mereka, semangat mereka untuk terus belajar, dan untuk terus menuntut ilmu.
Ketika merayakan tahun baru bersama mereka, saya diingatkan oleh satu hal menghabiskan waktu bersenang-senang bersama masyarakat sekitar itu adalah suatu hal yang tidak dapat dibeli dengan apapun.
Ketika diajari berladang oleh masyarakat sekitar, saya diingatkan satu hal bahwa saya tidak cukup pintar dibandingkan mereka. Banyak hal yang harus dipelajari di luar bangku kuliah maupun sekolah. Dan ketika saya berpamitan dengan mereka, saya diingatkan oleh satu hal bahwa waktu tiga hari itu cukup untuk membuat 23 orang menjadi suatu keluarga, menjadi bagian dari mereka.