Sekolah Berjalan di Dusun Gendingan, Desa Borobudur

Komunitas BFM kembali lagi mengadakan Perpustakaan Keliling (pusling) yang kemudian disebut dengan Sekolah Berjalan atau moving class. Kali ini sekolah berjalan diadakan di Dusun Gendingan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Pada Sekolah berjalan kali ini diikuti sekitar 72 anak-anak mulai dari usia TK hingga SD serta diikuti pula anak-anak dari Panti Asuhan Daarus Sunduus asuhan Ibu Endang dan Bapak Habib.

Pada pelaksanaan Kelas Berjalan tersebut dibagi menjadi lima kelas antara lain Kelas Bumi, Kelas Luar Angkasa, Kelas Kreatifitas, Kelas Tubuh Manusia, dan Kelas Profesi. Dimana di tiap kelas terdapat penanggung jawab atau tim pengajar yang akan memberikan penjelasan kepada adik-adik yang nantinya datang di pos atau kelas tersebut.

Sekolah Berjalan di Dusun Gendingan, Desa Borobudur

Nah, itulah sebabnya anak-anak peserta Kelas Berjalan kemudian dibagi menjadi lima kelompok. Lima kelompok tersebut antara lain kelompok A terdiri dari anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) lalu kelompok B yang terdiri dari anak kelas 1 dan 2, kelompok C diisi kelas 3, kelompok D diisi kelas 4 dan kelompok E terdiri dari kelas 5 dan 6. Selanjutnya semua kelompok tersebut disebar untuk berkeliling atau mengunjungi masing-masing kelas atau pos yang sebelumnya sudah ditentukan.

Di tiap pos tersebut ada dua penanggung jawab yang menjelaskan mengenai segala informasi mengenai kelas tersebut. Misalnya sebagai tim pengajar kelas Luar Angkasa maka Nina dan Arif ketika ada kelompok anak-anak yang berkunjung di kelas tersebut mereka menjelaskan informasi mengenai Luar Angkasa dengan cara yang menarik. Misalnya pengetahuan luar angkasa seperti membaca dan mengenal warna – warna planet (untuk usia TK), mengenal benda – benda langit dan arah mata angin (kelas 1-2), mengenal sistem tata surya (kelas 3), memahami pergantian siang-malam dan gerhana bulan-matahari (kelas 4 – 6).

Sementara itu dengan tim pengajar Udin dan Halim di kelas Bumi, anak – anak belajar serta memahami pembentukan fosil dan game mencari fosil, mengenal lapisan tanah, proses meletusnya gunung berapi, game melempar bola dengan pertanyaan seputar bumi, dan game tiru – tebak suara hewan (untuk usia TK). Di kelas Tubuh Manusia, anak – anak belajar struktur gigi dan fungsi serta bagaimana perawatan gigi yang baik, mengenal anggota tubuh manusia beserta fungsinya bersama tim pengajar Niniek dan Sogi. Di kelas Profesi, anak-anak belajar menebak dan menceritakan profesi tertentu melalui gambar dan petunjuk yang diberikan Fardin dan Uni sebagai tim pengajar. Di kelas Kreativitas, tim pengajar Lisan dan Sholeh membantu anak-anak berkreasi dengan warna-warna melalui tebak warna dengan kata dan membuat kartu pos.

Sekolah Berjalan di Dusun Gendingan, Desa Borobudur