Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul

We Love Kids, We Love Books, We Adore Indonesia. Kami telah membawa semboyan itu kemanapun kami pergi. Ke pelosok negeri dimana generasi penerus bangsa haus akan ilmu. Kali ini kami mengadakan kegiatan sekolah berjalan, dimana tujuan kami melaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengajak anak-anak bermain dan belajar. Yang kami lakukan bukan kegiatan belajar yang seperti disekolah lakukan, kegiatan belajar yang kami lakukan itu sangat luar biasa.

Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul menjadi tempat kami melaksanakan kegiatan sekolah berjalan yang ke empat. Berhubung kegiatan sekolah berjalan yang keempat bertepatan dengan kegiatan voluntourism #3 maka kakak-kakak pelaksana sekolah berjalan hanya delapan orang, yaitu Kak Lambang, Kak Agung, Kak Tya, Kak Uni, Kak Devi, Kak Nina, Kak Risma dan yang terakhir Kak Fanbul. Namun kami dibantu oleh remaja masjid dusun Bodowaluh sehingga acara bisa berjalan dengan lancar.

Sebelum mulai acara kakak-kakak pengampu melakukan pengkodisian adek-adek yang sudah datang. Ada sekitar 70 adek-adek yang datang untuk mengikuti belajar sambil bermain. Kemudian kakak-kakak membagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelas 2 dan kelas 3, kelas 4 dan kelas 6, dan kelas 6. Untuk kelas 2 sampai kelas 6 menggunkan sistem moving class, yaitu perkelompok berpindah-pindah dari satu pos ke pos yang lain.

Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul

Untuk sekolah berjalan keempat dibagi menjadi empat pos belajar dan bermain. Pos PAUD dan Kelas 1 diampu oleh Kak Lambang, Kak Agung dan Kak Fanbul. Pada pos ini adek-adek kita diajari buat bikin kerajinan origami. Adek-adek diajarin buat burung lipat sama Kak Lambang dan Kak Agung.

Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul

Selain itu adek-adek pada pos ini juga diajak kak Lambang, kak Agung dan kak Fanbul buat gambar dan mewarnai buah-buahan. Mengetahui nama-nama buah, hewan dan benda, serta belajar bahasa inggrisnya lho… Adek-adek juga diajak Kak Lambang, Kak Agung dan Kak Fanbul melukis dengan memanfaatkan daun dan crayon dimedia kertas.

Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul

Dan salah satu hasil karya adek-adek tersebut seperti ini :)

Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul

Pos 2 Kedai Baca diampu oleh kak Tya. Pada pos kedai baca ini adek-adek di ajak membaca. Kakak-kakak dari BFM membawa beberapa koleksi buku dari berbagai macam subyek, profesi, kota-kota di dunia, sains dan sebagainya. Pos kedai baca ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca adek-adek terhadap buku. Dalam pos ini adek-adek yang sudah membaca suatu cerita dalam buku yang mereka pilih kemudian mereka akan diminta untuk menceritakan di depan teman-temannya. Ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri adek-adek di depan teman-temannya.

Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul

Pos 3 Kreatifitas diampu oleh kak Devi dan kak Uni. Pada pos kreatifitas adek-adek diajak utuk membuat postcard dengan menggunakan daun. Bahannya yaitu dengan menggunakan kertas HVS, lim kertas, gunting dan dedaunan yang ada disekeliling. Dedaunan yang telah diambil kemudian digunting sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Setela itu kemudia di tempel dengan menggunakan lem kertas pada kertas HVS. Kertas HVS yang sudah di hias kemudian ditulisi ucapan yang diinginkan.

Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul


Selain membut postcard, di pos kreatifitas adek-adek juga diajari untuk membuat cap dengan menggunakan bahan potongan kardus, kertas yg dilipat kecil memanjang, lem kertas, gunting dan cat air. Caranya, keras yang telah dilipat kecil memanjang kemudian di tempelkan pada potongan kardus dengan menggunakan lem kertas sehingga lipatan kertas terlihat timbul, lipatan kertas yg tmbul kemudian di celupkan ke cat air. Cap sudah jadi ^^

Selain itu adek-adek juga dijarin melukis dengan menggunakan cat air tapi tanpa kuas, melainkan memakai jari-jari tangan untuk mewarnainya. Ini memberikan pelajaran pada adek-dek bahwa kotor itu baik ^^

Pos 4 Bumi dan Luar Angkasa diampu oleh Kak Nina dan Kak Risma. Dalam pos bumi dan luar angkasa ini adek-adek diperagakan tentang bgaimana kjadian gunung meletus, yaiu dengan melakukan percobaan sederhana gunung meletus, menggunakan minuman soda yang kemudian dicampur dengan permen. Selain tu adek-adek juga di jelaskan tentang bumi dan segala isinya. Seperti tanah dan tumbuh-tumbuhan yang ada disekeliling.

Akhirnya setelah seharian belajar dan bermain bersama, penutupan kegiatan dilakukan sembari memberikan hadiah bagi adek-adek yang berani tampil kedepan dan menceritakan apa yang dipelajari. Selain itu kakak-kakak juga menilai karya adek-adek untuk kemudian diberi hadiah. Dan inilah adek-adek kita yang memperoleh kenang-kenangan :)


Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul

Kepada seluruh tim kreatif, terima kasih banyak :) semoga apa yang telah kita lakukan bermanfat dan diberkahi Alloh. Aamiin (uni)

Sekolah Berjalan: Dusun Bodowaluh, Pundong, Bantul