Tim KKN JTG 19 kolaborasi dengan Book For Mountain membuat Taman Baca Baru di Desa Tlogopakis

Program ini merupakan sebuah sumbangan dari Tim KKN PPM UGM JTG19 bekerjasama dengan Komunitas BFM (Book For Mountain) dalam pengadaan sebuah taman baca di desa Tlogopakis. Di desa ini terdapat SD dan SMP Satu Atap. Murid-murid di sekolah ini tidak memiliki buku pelajaran, sehingga sumbangan buku tentunya sangat dibutuhkan bagi mereka. Rencana awalnya taman baca atau perpustakaan ini akan ditempatkan di balai desa bersama dengan PAUD namun diganti ke rumah salah satu warga (Taryo) dikarenakan alasan operasional. Program ini terlaksana pada tanggal 17 Juli dengan dibuatnya rak buku terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan inventarisasi dan pemberian nomer buku. Dan baru selesai pada tanggal 28 Juli 2016. 

Program ini dilaksanakan dikarenakan alasan belum adanya taman baca umum yang tersedia sebagai sarana belajar dan memabaca masyarakat. Keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan program ini juga dirasa cukup banyak mendapatkan dukungan, bisa dilihat pada saat pembuatan rak buku yang dilaksanakan secara gotong royong dengan masyarakat (Taryo, Casdi). Dan juga dukungan untuk mengelola dan menjaga inventaris dari keluarga Taryo. Selain bantuan dari masyarakat, bantuan dari anggota sub-unit Tlogopakis juga dirasakan pada saat pembuatan rak dan inventaris buku. Dengan kesanggupan masyarakat untuk mengelola perpustakaan untuk kedepannya maka dapat dikatakan bahwa keberlanjutan perpustakaan ini dapat berlangsung dengan lama. Kendala yang dihadapi dalam pembuatan taman baca ini terdapat pada pembuatan rak yang membutuhkan kayu, sedangkan kayu yang dibutuhkan jarang tersedia di dukuh Tlogopakis. Selain itu juga sulitnya menentukan lokasi untuk meletakkan perpustakaan sempat menjadi tarik-ulur beberapa pihak. 

Namun akhirnya disepakati perpustakaan diletakkan pada lokasi salah satu rumah warga yang biasanya juga digunakan sebagai TPA, sehingga ada yang bisa menjaga dan mengurus inventaris. Dengan adanya perpustakaan yang didirikan oleh tim KKN pada tahun ini semoga dapat dikembangkan dan dijadikan sarana belajar mengajar, baik oleh masyarakat maupun oleh tim KKN lainnya. Masih diperlukan banyak sumbangan buku-buku pelajaran maupun buku anak-anak untuk melengkapi koleksi buku yang sudah ada saat ini, agar kedepannya masyarakat Tlogopakis menjadi masyarakat yang sadar akan literasi. Terima kasih BFM.

Book For Mountain ikut serta dalam pengadaan buku KKN JTG _19

Book For Mountain membantu dalam pengadaan buku Tim KKN JTG_19