Cerita Sekolah Berjalan SD Kamal (November 2016)

Salam sehat, semangat, ceria!
Minggu, 6 November 2016 Book for Mountain mengadakan Sekolah Berjalan (Sekber) di SD Negeri Kamal yang letaknya di daerah Nanggulan, Kulonprogo. Tema sekolah berjalan pada kali ini adalah outbond ceria. Adik-adik akan diajak untuk bermain sambil belajar dan tidak lupa untuk bersenang-senang.
sekber sekolah berjalan book for mountain sd kamal nanggulan kulonprogo

Persiapan
Pada sekitar pukul 07.00, kakak-kakak volunteer berkumpul di Bunderan UGM untuk melakukan briefing. Tepat pukul 08.00, kakak-kakak BFM menuju lokasi sekolah berjalan. Pukul 09.00, sekolah berjalan dimulai. Mari Bernyanyi Pertama-tama, kegiatan sekolah berjalan ini dibuka oleh kakak-kakak BFM. Adik-adik bersama kakak-kakak bernyanyi bersama untuk mengakrabkan diri. Setelah itu, adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok bermain dan mereka diminta untuk membuat yel-yel yang asyik dan unik. Pukul 9.30, petualangan seru adik-adik pada sekber kali ini pun dimulai. Mereka akan menjelajah berbagai pos dengan permainan-permainan yang berbeda. Ada beberapa cerita unik setiap posnya.

Bola Gelinding
Di pos bola gelinding ini, adik-adik dipandu oleh kak Widi dan Kak Iffa. Adik-adik diminta untuk menggiring kelereng dengan bambu dari garis start menuju garis finish dan kembali lagi ke garis start. Adik-adik terlihat sangat bersemangat menggiring bolanya dan berteriak, “Ayo! Ayo! Ayo!”.
pos bola gelinding fun education outbond

Estafet Sarung
Beri salam dulu untuk Kak Rizki dan Kak Nadia di pos estafet sarung. Di pos ini, adik-adik diberi senjata berupa sarung. Loh, buat apa sarung? Buat selimut kah? Eits, bukan. Adik-adik harus estafet sarung dari anak pertama hingga terakhir hanya dengan menggunakan badan sementara mereka saling berpegangan tangan. Adik-adik terlihat berusaha untuk secepat mungkin memindahkan sarung hingga ke anak yang paling akhir. Setelah sampai di anak yang terakhir, adik-adik harus mengembalikan sarung ke anak yang paling awal tapi dengan berimajinasi dengan sarung. Adik-adik harus membuat sarung itu menjadi barang yang berguna.

Ayo, Jatuhkan Gelasnya
Setelah bercapek-capek ria di pos 2, perjalanan dilanjutkan ke pos ‘Ayo, Jatuhkan Gelasnya’. Pos ini dipandu oleh Kak Totok dan Kak Cholis. Adik-adik harus berusaha menjatuhkan gelas yang sudah dipasang di atas tongkat, tapi tidak boleh melewati garis yang sudah ditentukan. Adik-adik terlihat berbaris memanjang saling bergandengan tangan dan menggunakan barang-barang disekitarnya supaya bisa membuat barisan yang lebih panjang dan menjatuhkan gelasnya.
pos ayo jatuhkan gelasnya fun education outbond anak

Mencari Kawan
Adik-adik masih semangat untuk lanjut ke pos selanjutnya yang dijaga Kak Lili dan Kak Nanda. Pos ini diberi nama pos mencari kawan. Pada pos ini, adik-adik harus mencari kawan satu kelompoknya dengan mata tertutup.

Menggambar Cita-Cita
Sekitar pukul 11.00, adik-adik sudah menyelesaikan tantangan-tantangan pada pos. Setelah itu, adik-adik beristirahat sambil menggambar cita-cita mereka. Ada yang menggambar dokter, guru, polisi, astronot, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, adik-adik juga bercerita mengenai cita-citanya juga.

Peras Jeruk
Setelah mendengar cerita cita-cita dari adik-adik, adik-adik diajak untuk memeras jeruk. Mereka sangat bersemangat dan berebut untuk memeras jeruk. Hasil perasan jeruk yang segar itu diminum bersama sekaligus menandai akhir dari kegiatan sekolah berjalan kali ini. Sampai jumpa di Sekolah Berjalan selanjutnya.
peras jeruk segar fun education outbond anak