Agandugume Mau Vitamin B[uku]

Maret 2016, komunitas Book for Mountain berencana akan kembali membawakan buku anak dengan gambar cantik dan warna-warni untuk anak-anak pelosok Indonesia. Kali ini, tujuan kegiatan project perpustakaan komunitas Book for Mountain adalah Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua. Asupan Vitamin B diperlukan bukan untuk mengobati perut buncit anak-anak Agandugume, melainkan untuk membuka jendela mereka menuju dunia lebih luas.
project perpustakaan komunitas book for mountain agandugume kabupaten puncak papua

Mengapa Agandugume?
Ada beberapa alasan kuat yang menyebabkan pilihan lokasi project komunitas Book for Mountain jatuh pada Agandugume.
Akses sulit
Agandugume berjarak dua hari berjalan kaki naik-turun gunung atau sewa pesawat perintis 35 juta sekali jalan dari Timika. Tak heran jika bantuan sering tak sampai ke desa ini termasuk bantuan buku.
Minim guru
Hanya ada tiga guru SMP and tiga guru SD di Agandugume.
Tingkat kemampuan baca kurang
Anak SMP bahkan belum lancar membaca. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh minimnya fasilitas buku bacaan yang menarik untuk anak.
Pak Yudi
Ada Pak Yudi, pengajar SMP Agandugume, yang peduli pada anak didiknya. Beliau ingin membuka wawasan anak-anak melalui buku. Beliau ingin dunia lebih peduli dan mau berkunjung ke Agandugume.
Plus: Agandugume yang berada pada ketinggian lebih dari 3090 mdpl sempat dilanda hujan beku yang menyebabkan gagal panen dan kurang pangan di tahun 2015.
project perpustakaan komunitas book for mountain agandugume kabupaten puncak papua 3090 mdpl

Apa yang Akan Dilakukan oleh komunitas Book for Mountain?
Melihat permasalah yang ada di Agandugume sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Yudi, komunitas Book for Mountain berencana melakukan beberapa hal melalui Project Agandugume.
1. Kegiatan Perpustakaan
Perpustakaan untuk anak-anak akan dibuat di salah satu ruang kosong di sekolah. Agar anak-anak tertarik membaca buku di perpustakaan, komunitas Book for Mountain juga mengadakan kegiatan fun education untuk anak-anak. Anak-anak juga diajak untuk menghias perpustakaan mereka dengan gambar warna-warni.
2. Kegiatan Pertanian
Lepas dari becana hujan beku yang sempat menyebabkan gagal panen dan kurang pangan, kehidupan anak-anak Agandugume pada dasarnya tak lepas dari dunia pertanian. Selain bermain voli, berkebun menjadi permainan yang awam dilakukan anak-anak Agandugume jika sedang tidak sekolah. Oleh sebab itu, komunitas Book for Mountain ingin memfasilitasi warga dan anak-anak Agandugume untuk meningkatkan kemampuan pertanian melalui pembangunan green house sederhana, pembagian benih sayuran, pelatihan pembuatan pupuk cair organik, dan pelatihan vertikultur untuk anak-anak.
project perpustakaan komunitas book for mountain agandugume kabupaten puncak papua perpustakaan edukasi pertanian

Apa yang Dibutuhkan?
Demi membantu anak-anak dan warga Agandugume, ada beberapa hal yang diperlukan. Tentu komunitas Book for Mountain tidak bisa mewujudkan kegiatan tersebut sendiri. Dukungan Anda sangat diharapkan tak hanya oleh komunitas Book for Mountain, melainkan juga Pak Yudi dan anak-anak Agandugume. Berikut hal-hal yang diperlukan dalam Project Agandugume.
Buku
Agar buku-buku yang dibawa ke Agandugume tepat sasaran dan menarik untuk anak-anak, berikut daftar buku yang kami butuhkan.
kriteria donasi buku komunitas book for mountain

Cara donasi buku bisa dikirim ke alamat sekretariat dan dropbox yang detail informasinya bisa disimak dalam link berikut.
Biaya Transportasi dan Akomodasi
Volunteer komunitas Book for Mountain tak akan sanggup berjalan kaki selama dua hari menuju Agandugume sembari menggendong buku-buku. Komunitas Book for Mountain membutuhkan biaya transportasi menuju Timika dan biaya sewa pesawat Timika-Agandugume selain biaya akomodasi selama berkegiatan di Agandugume.
Donasi dana bisa dilakukan melalui transfer langsung ke rekening komunitas Book for Mountain.
Bank Mandiri 
1370011477185 
a.n. Russelin Edhyati
Opsi lain, Anda juga bisa berdonasi dengan kemudahan share melalui www.kitabisa.com/agandugume.
Alat dan Bahan Pertanian
Beberapa bahan pertanian seperti plastik UV dan alat pertanian dasar diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pertanian anak-anak dan masyarakat Agandugume. Benih sayuran dataran tinggi akan membantu warga untuk lebih baik menanam. Pengetahuan baru seperti pembuatan pupuk cair organik dan vertikultur juga tak kalah penting untuk membuka wawasan pertanian warga.

Kami tunggu kontribusi Anda dalam memberi asupan Vitamin B[uku] untuk anak-anak dan masyarakat Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua.

We love kids. We love books. We adore Indonesia.
project perpustakaan komunitas book for mountain untuk anak-anak agandugume kabupaten puncak papua