Buku untuk Kaimana

kurir buku untuk kaimana papua komunitas book for mountain

Membaca merupakan salah satu kompetensi terpenting dalam kehidupan manusia dari dulu hingga sekarang. Namun tahukan kalian, masih banyak di belahan bumi pertiwi ini anak-anak belum mampu mengeja kata dengan tepat. Banyak faktor yang menyebabkan itu semua. Faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri masing-masing anak yang kurang termotivasi untuk belajar membaca dengan baik sedang faktor eksternalnya adalah kurangnya pengajaran kepada mereka serta fasilitas belajar membaca yang belum ada.

Begitu pula yang terjadi pada anak-anak Kampung Bamana Distrik Teluk Etna Papua Barat. Masih banyak anak-anak usia Sekolah Dasar masih belum bisa mengeja kata. Bagaimana pun juga anak-anak manis ini harus di mampukan untuk membaca agar kaya pengetahuan dan cita.

kurir buku untuk kaimana papua komunitas book for mountain


Ketika niat kebaikan menggaung maka semesta akan mendukung. Begitu juga yang terjadi saat itu. Banyak orang-orang baik yang inggin menjadi manfaat untuk lainnya dan hanya perlu sebuah perantara. Itulah yang teman-teman Komunitas Book For Mountain (BFM) perjuangkan. Komunitas yang peduli terhadap dunia pendidikan melalui dunia buku.

kurir buku untuk kaimana papua komunitas book for mountain


Begitulah sepenggal email yang saya kirimkan kepada Book For Mountain (BFM) pada tanggal 16 September 2016. Tanggapan dari pihak Book For Mountain sangat menggembirakan. Mereka mau untuk ikut membantu pengadaan buku bagi anak-anak Kampung Bamana.

Koordinasi segera di laksanakan. Teman-teman Komunitas BFM selama bulan Oktober 2016 menggalang pengumpulan buku dan donasi project Buku Untuk Kaimana. Pada bulan Desember 2016 akhirnya buku-buku pilihan terbaik bisa sampai untuk anak-anak Kampung Bamana.

Senang sekali rasanya melihat anak-anak membolak-balik buku yang sedang mereka pegang. Sebagian besar diantara mereka memang belum bisa membaca namun ini merupakan langkah awal agar mereka mengenal buku dan membangunkan keinginan agar mereka belajar membaca dengan serius.

kurir buku untuk kaimana papua komunitas book for mountain


Jenis buku yang di pilihkan oleh teman-teman BFM sangat sesuai. Terdapat 8 klasifikasi buku berdasarkan kemampuan membaca dan memahami isi untuk anak-anak. Buku-buku ini dapat menarik minat anak-anak untuk membukanya dan belajar mengeja kata.

Kegembiraan anak-anak ini terlihat saat saya mulai membuka perpustakaan kecil di rumah mama piara yang saya tempati. Setiap siang sampai sore saya mengeluarkan buku-buku di teras rumah untuk dapat dibaca oleh mereka. Mereka antusias untuk membuka buku yang tersedia.

kurir buku untuk kaimana papua komunitas book for mountain

Salah satu anak bernama Sherly yang saat ini usianya sekitar lima tahun sangat senang memilih buku dengan penjelasan lokasi-lokasi yang menjadiikon di dunia. Dia selalu menanyakan lokasi yang terdapat pada gambar. Selalu begitu, bertanya terus menerus hingga saya sendiri kelelahan. Tidak penting apakah dia paham tentang tempat yang saya sebutkan namun setidaknya Sherly memahami bahwa ada banyak sekali tempat –tempat indah di dunia ini. Saya berharap suatu saat dia mampu menjelajahi lokasi yang pernah ia tanyakan.

kurir buku untuk kaimana papua komunitas book for mountain


Lain lagi dengan Agnes, dia sudah kelas dua dan sedikit mengeja dalam membaca. Belum lancar betul namun dia antusias mencoba membaca cerita-cerita ringan dengan halaman penuh gambar ilustrasi. Dia mampu memahami cerita karena terbantu dengan ilutrasi gambar.Lagi-lagi ini tentang kualitas buku yang dihadirkan. Pilihan buku yang tepat mempermudah anak-anak manis ini menemukan kegembiraan dalam belajar membaca dan mengeja.

kurir buku untuk kaimana papua komunitas book for mountain


Bukan hanya anak-anak saja yang tertarik membaca buku kiriman komunitas BFM. Seorang Nenek yang sudah sepuh pun senang saat melihat banyak buku datang, Nenek Martha namanya. Awalnya saya kaget ketika Nenek Martha ikut memilih buku. Ternyata beliau bisa membaca dan ketika itu senang sekali membaca buku cerita tentang lumba-lumba. Lumba-lumba memang banyak di sekitar kampung ini, hidup bebas menjadi penjaga bagi keberlangsungan kehidupan laut.

kurir buku untuk kaimana papua komunitas book for mountain


Begitulah, ketika niat baik menggaung maka semesta akan mendukung. Terimakasih untuk komunitas BFM dan seluruh donatur yang mendukung kampanye Buku Untuk Kaimana. Masih banyak anak-anak manis di pelosok negeri ingin merasakan kegembiraan seperti yang dirasakan anak-anak di kampung Bamana. Semoga kegiatan baik ini bisa berlanjut dan cita-cita menghadirkan pendidikan yang baik ke seluruh anak Indonesia bisa tercapai.

We love kids. We love books. We adore Indonesia.

 -NanikWijayanti-