Project #Buku untuk Sumbing


Komunitas Book for Mountain akan membangun perpustakaan pada Agustus 2017 ini. Kali ini lokasinya berada di Desa Tlogo dan Desa Bakalan, Kajoran, Magelang, Jawa Tengah di bawah kaki Gunung Sumbing. Hamparan sawah hijau yang luas dan indah berada si kedua desa tersebut, selain menjadi sumber utama penghidupan juga sebagai ladang belajar dan bermain adik-adik kita disana.


Tak seperti hamparan sawah, keberadaan buku anak dengan gambar menarik dan materi yang sesuai dengan kondisi mereka disana masihlah sedikit karena akses yang cukup sulit. Anak-anak di kaki Gunung Sumbing ini diharapkan orang tua mereka meneruskan profesi sebagai petani, profesi mulia karena sebagai punggung kebutuhan pokok rakyat Indonesia. Maka kali ini Book for Mountain akan membawa buku-buku yang mendorong adik-adik bangga pada profesi petani dan tentunya belajar manajemen pertanian. Mengapa Tlogo dan Bakalan?



Desa-desa di kaki Gunung Sumbing masih minim taman bacaan untuk anak-anak, Desa Tlogo dan Bakalan merupakan salah duanya. Kedua desa tersebut menjadi lokasi project Book for Mountain karena keduanya cukup strategis dan harapannya dapat diakses oleh desa-desa lainnya. Selain itu ada beberapa alasan yang melatari project kali ini yaitu potensi adik-adik di Desa tersebut sebagai calon-calon petani.

• Minim buku bacaan anak masa anak-anak adalah masa-masa emas untuk belajar.
Di Desa Tlogo dan Bakalan terdapat 139 anak dan 20 anak muda. Anak-anak disana rata-rata hanya memiliki buku pelajaran sekolah dan tidak memiliki buku jenis lain.

• Profesi petani mayoritas warga di sana adalah petani.
Profesi ini sangatlah penting untuk ketahanan pakan, namun tidak semua orang menghargai profesi tersebut. Sangat penting untuk menumbuhkan kebanggaan adik-adik terhadap profesi tersebut. Selain itu juga dirasa perlu adanya pembelajaran untuk menajemen pertanian agar adik-adik dapat mengelola.

• Terdapat Potensi Tempat Membangun Perpustakaan.
Di Tlogo masih terdapat bangunan SD yang belum terpakai serta ada juga tempat TPQ yang keduanya dapat menjadi opsi dibuatnya taman bacaan.

Apa yang Akan Dilakukan oleh komunitas Book for Mountain? 

Melihat potensi petani masa depan dan permasalahan minimnya buku bacaan anak, komunitas Book for Mountain berencana membangun dua perpustakaan. Yang pertama adalah perpustakaan pusat di Desa Tlogo yang akan dibuat di SD atau di TPQ dan perpustakaan mini di Desa Bakalan. Buku-buku dari perpustakaan pusat akan di rolling ke perpustakaan mini oleh pemuda.

Apa yang Dibutuhkan? 

Seperti project-project sebelumnya, Komunitas Book for Mountain tidak pernah berjalan sendiri dalam menjalankan project melainkan bersama-sama dengan banyak pihak yang mendukung. Ada beberapa hal yang diperlukan untuk melaksanakan project Buku untuk Sumbing ini.

• Buku 
Agar tepat sasaran dan menarik minat baca adik-adik di Sumbing kami telah menentukan beberapa kategori buku, berikut kategori buku yang kami butuhkan.


Cara donasi buku bisa dikirim ke alamat Sekretariat Book for Mountain Jalan Titi Bumi Barat 44 Patran, Gamping, Sleman dan dropbox yang berada di:

• Dropbox 1. @letusee.yk Jl. Mrican Baru No.14, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
• Dropbox 2. @antologi_space Jl. Gayamsari No.19C, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Selain itu banyak yang bertanya tentang bagaimana agar bisa donasi buku tapi dari luar jogja? ada beberapa alamat dropbox yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Berikut alamatnya:

1. Jakarta
Aistyara charmita (089605767919)
Jakarta Timur*
Apartemen MT Haryono Square Unit 1011 JL. MT Haryono KAV.10, RT 06 RW 12 Bidara Cina, Jatinegara , Jakarta Timur 13330

Bintaro*
Jl Manyar III blok O3 kav 29-30 no 4-6 sektor 1 Bintaro Jaya Jakarta Selatan 123330

2. Bandung
Dion Darsa Sabrian (081378163220)
Line : dionsabrian
Kosan lingga ratu, kp mangga dua rt 02, rw 01, Ds sukapura, kec dayeuh kolot, bandung 40267

3. Surabaya
Nindya Herdianti (081231701626)
Bendul Merisi Selatan VII/73 Kec. Wonocolo

4. Makasar
Nurul Hidayati (085395019449)
Line: Nurulhidayatisuardi
Jl Biring Romang Dalam VII No.9, Blok 1, Bumi Antang Permai, Makassar 90234

• Volunteer 
Kami juga membuka peluang bagi kakak-kakak untuk ikut serta dalam project #bukuuntuksumbing, jika tertarik dapat langsung menghubungi PIC kami di 087839045754 (Alviana Nabila)

• Biaya Transportasi dan Akomodasi 
Volunteer komunitas Book for Mountain membutuhkan transportasi dan akomodasi yang dapat memperlancar terlaksananya project Buku untuk Sumbing ini. Volunteer akan memerlukan kendaraan untuk mengantarkan buku-buku serta memerlukan beberapa material untuk membangun perpustakaan. Teman-teman dapat berdonasi melalui transfer langsung ke rekening komunitas Book for Mountain: Bank Mandiri 1370011477185 a.n. Russelin Edhyati