Follow up Project Batang

Perpustakaan

Book for Mountain terus berusaha menjaga kontak dengan perpustakaan yang telah dibangun salah satunya dengan Follow Up Project. Pada kesempatan ini Book For Mountain melasakanan Follow up project ke Dusun Pringombo, Desa Ngadirejo, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 29 Oktober 2017 lalu. Sebelumnya Book for Mountain telah melakukan project membangun perpustakaan di Dusun Pringombo, Desa Ngadirejo ini pada 27 Agustus - 03 September 2016.

Follow Up Project Batang ini, Book for Mountain kembali membawa buku-buku baru sebanyak 145 buku mulai dari buku anak anak hingga buku hingga buku umum untuk perpustakaan Dusun Pringombo Desa Ngadirejo tersebut. Pada project ini kami membuka open volunteer yang dipublikasi melalui akun media sosial kami. Perpustakaan Dusun Pringombo, Desa Ngadirejo berada di salah satu rumah warga yang kosong.

Pada saat kami melakukan survei untuk follow up project Batang ini, keadaannya perpustakaan sangat tidak terurus. Keadaan perpustakaan yang berantakan dan atap perpustakaan bocor, yang menyebabkan jikalau hujan buku-buku akan basah terkena air hujan. Beberapa buku yang kami bawa di project sebelumnya sudah tidak kami temukan, beberapa juga sudah mulai rontok halaman demi halamannya. Kami berpikir positif, beberapa buku nampaknya berpindah ke pembaca yg lebih baik dan beberapa buku lagi rontok pertanda ia sering dibaca.

Kemudian tibalah saat kami melakukan follow up project Batang ini. Kegiatan yang pertama kami lakukan adalah memperbaiki atap perpustakaan yang bocor dan membuat pelindung buku saat disimpan diatas rak buku. Selain itu kami juga belajar bersama dengan anak anak di pepustakaan, baik membaca ataupun bercerita, selain itu kami juga mengajak anak –anak membenahi perpustakaan ini semua kami lakukan agar membuat anak-anak semakin cinta akan perpustakan mereka dan meningkat minat bacanya. Selain belajar kami juga bermain bersama anak-anak desa disekitar perkebunan desa Ngadirejo.

Merapikan Buku

Bermain bersama

Perpustakaan tersebut sudah diserahkan dan dikelola oleh pihak Desa Ngadirejo. Kedatangan Book for Mountain kembali ke Desa tersebut selama tiga hari berjalan lancar dengan beberapa kegiatan seperti merapikan perpustakaan dengan buku-buku barunya, membaca buku bersama adik-adik disana, dan melakukan permainan mengelilingi Desa yang disekitarnya terdapat banyak perkebunan teh dan juga sungai. Senang rasanya bisa bertemu anak-anak Ngadirejo, bertemu semangat yang sama bahkan lebih.