Open Recruitment Relawan Book for Mountain

Poster Oprec

“Saya mencintai buku dan ingin orang lain juga merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan”
Pernyataan di atas ini merupakan motivasi Firda Mahdanisa untuk bergabung menjadi relawan Book for Mountain yang dinyatakannya di media sosial Instagram dengan hashtag #ceritabfm. Mahasiswi Psikologi ini menjadi salah satu dari 386 pendaftar dari bermacam daerah pada Open Recruitment Relawan Book for Mountain periode 15 Agustus-7 September 2017 lalu.

Pada Oprec BFM ini secara garis besar terdapat empat tahapan mulai dari pendaftaran umum melalui aplikasi Google Form, Interview, Voluntary Building, dan terakhir Follow Up Project. Pada tahap Voluntary Building pendaftar mendapatkan materi menarik mengenai Voluntary, Solidarity, dan Integrity di Book for Mountain yang bertujuan untuk memaparkan visi misi BFM, bagaimana menjaga solidaritas tim, dan seperti apa tantangan-tantangan terkait integritas relawan di BFM. Dari seluruh tahap Oprec BFM ini akhirnya ada 28 relawan baru yang mengikuti keempat tahapan tersebut.

Setelah tergabung mereka dapat memilih untuk masuk ke divisi-divisi yang ada di dalam BFM yakni Sumber Daya Manusia, Hubungan Masyarakat, Edukasi, Perpustakaan, Kreasi, dan Buku. Relawan dapat bergabung ke divisi sesuai dengan passion mereka atau mencoba ke divisi yang merupakan hal baru bagi mereka. Namun meski seluruh rangkaian periode Agustus-September 2017 Oprec BFM sudah berakhir, tidak menutup pintu untuk peminat yang ingin bergabung menjadi relawan atau ingin berkontribusi dalam bentuk lainnya. “BFM selalu terbuka bagi para relawan dimanapun berada dan dalam bentuk kontribusi apapun,” tutup Halim Danang, penanggung jawab Oprec BFM Periode Agustus-September 2017.



Volunteer BFM dari Berbagai Kota BFM dari berbagai kota

BFM dari berbagai kota(1)

Selain dari wilayah Jogjakarta banyak pendaftar open recruitment volunteer yang berasal dari luar wilayah jogjakata. Hampir 50% pendaftar berasal dari luar Jogja diantaranya berasal dari daerah Jabodetabek, Bandung, Semarang dan wilayah lain. Antusias dan niat baik ini tentunya tidak ingin book for mountain sia-siakan. Tim Jogja kemudian menyiapkan serangkaian proses untuk memfollow up para pendaftar dari luar Jogja. Mengadakan jadwal pertemuan, kemudian bercerita kepada mereka tentang BFM dan mengajak mereka untuk berkegiatan serupa BFM merupakan langkah-langkah tim BFM Jogja untuk mengajak banyak pihak berkontribusi pada dunia literasi dan pendidikan bagi anak-anak.