Buku untuk Balikukup



Beberapa waktu yang lalu kami mendapat kabar dari Kakak Maruf Kurir Buku Kaltim. Kak Maruf adalah #kurirbuku  di sebuah pulau kecil di lepas pantai Kalimantan Timur. Nama pulaunya adalah Pulau Balikukup, secara administrasi masuk dalam Kecamatan Batu Putih, Kab. Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Pulau Balikukup berjarak kurang lebih 32 millaut dari daratan terdekat. Dapat ditempuh dengan kapal nelayan warga sekitar 2-3 jam. Belum ada transportasi reguler menuju pulau dari daratan (kecamatan). Kak Maruf becerita kepada kami, disana ia mendirikan Pustaka Apung. "Alhamdulillah, Pustaka Apung yang dulu pernah saya ajukan ke BFM, saat ini perlahan berkembang, namun masih butuh banyak sentuhan, baik penambahan bahan bacaan atau aktivitas kreasi selain membaca dan menggambar yang saat ini sedang berjalan", Ungkap kak Maruf.

Pustaka Apung, sejak dua bulan lalu dibuka, berhasil menarik minat banyak anak-anak. Pustaka apung sudah memiliki kepengurusan tetap yang disahkan oleh kampung. Sedangkan kondisi realnya, sejak dibuka di bulan juli lalu, ada dua orang warga lokal yang sudah berpartisipasi aktif, baik mendampingi anak-anak atau turut membenahi dekorasi perpustakaan.

Boleh jadi sesuatu yang biasa-biasa saja bagi kita adalah kebahagiaan yang langka bagi orang lain. Seperti halnya buku lama yang kita punya, bisa saja jadi buku baru untuk teman-teman di tempat yang berbeda. Terimakasih kepada kakak2 yang sudah berdonasi untuk #bukuuntukbalikukup