Cerita dari Ebulobo

Pada tgl 3-13 September 2018, Book for Mountain kembali menjalankan project pembuatan taman baca. Kali ini BFM memilih lokasi projectnya di Desa Mulakoli, Boawe, Nagekeo, NTT. Desa Mulakoli memiliki cukup banyak hasil panen, seperti cengkeh, kopi, dan kemiri. Namun minimnya pengetahuan tentang pengelolahan membuat masyarakat memilih untuk menjual hasil panennya langsung ke pasar, padahal jika hasil panen tersebut diolah lagi dapat memberi hasil yang lebih banyak. Selain itu Desa Mulakoli terletak di lereng gunung Ebulobo, sehingga sulit sekali mendapatkan sumber mata air. Bahkan terkadang masyarakat harus berlomba-lomba untuk mendapatkan persediaan air. Dengan kondisi demikian, anak-anak memiliki rutinitas sepulang sekolah untuk mengambil air di sungai. Mereka harus turun gunung dan mengambil air dengan jumlah yang tidak sedikit. Namun hal ini tidak membuat mereka malas untuk belajar.


Book for Mountain datang ke Desa Mulakoli atas permintaan dari Kak Etho. Kak Etho merupakan pemuda Desa Mulakoli yang aktif terlibat dalam kegiatan sosial dan peduli akan kondisi desanya. Melihat sulinya akses ke toko buku untuk mendapatkan buku-buku bacaan, Kak Etho bersama teman-temannya mendirikan rumah baca untuk anak-anak Desa Mulakoli. Kak Etho berharap taman baca yang telah di dirikannya akan mampu meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang bagaimana memajukan desanya serta menambah wawasan tentang betapa pentingnya membaca dan memahami isi buku yang mereka baca. Sayangnya buku-buku bacaan yang tersedia tidak menarik bagi anak-anak sekitar untuk membaca. Buku-buku disana telah usang dan hanya berisi tulisan tanpa ada gambar yang menarik. Dengan dasar tujuan mulia dan kondisi inilah kami bekerja sama dengan Kak Etho untuk menjalankan project taman baca pada kesempatan kali ini.


Selama 2 minggu disana, kami mengisi hari-hari kami dengan bermain sambil belajar dengan anak-anak desa Mulakoli. Awalnya mereka menunjukkan raut wajah yang malu untuk bermain bersama kami. Namun tak perlu waktu lama untuk membuat mereka mau untuk bermain dengan kami dan membuat raut wajah mereka bahagia. Bagi kami anak-anak Desa Mulakoli adalah anak-anak yang pandai, terbukti ketika kami mencoba memberikan permainan tentang pengetahuan umum, mereka cepat sekali paham, mereka sangat antusias untuk mengenal hal-hal baru, dan inilah yang membuat kami kagum. Selain itu anak-anak memiliki minat baca yang tinggi, mereka sangat bersemangat saat kami berikan buku-buku bacaan. Saat kami mendongeng, mereka juga dengan seksama mendengarkan apa yang kami dongengkan.


Tidak terasa project ini harus berakhir. Kami sangat senang sekali dapat bercengkrama dengan masyarakat dan anak-anak Desa Mulakoli. Pada akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada segala pihak yang telah membantu BFM dan Kak Etho untuk mewujudkan adanya taman baca Ebulobo. Semoga anak-anak dimanapun berada mempunyai minat baca yang tinggi dan mereka semakin mencintai desanya.